Jhontoni Tarihoran

TEMPAT, TANGGAL LAHIR Janji, 04 Aprli 1987
ALAMAT Janji, Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau – Toba Samosir
CALON LEGISLATIF DPRD Kabupaten Toba Samosir
DAERAH PEMILIHAN Dapil IV (Habinsaran, Borbor, Nassau (Habornas))
PARTAI POLITIK NasDem
NOMOR URUT 6 (enam)

RIWAYAT PENDIDIKAN

Universitas/Institut/Sekolah Lokasi Tahun
SDN 173620 Janji 1995 – 2000
SMP N 4 Paridian Paridian 2000 – 2003
SMA N 2 Tarutung Tapanuli Utara 2003 – 2006
S1 Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Tarutung 2006 – 2011

RIWAYAT KETERLIBATAN DI AMAN

Tanggal/Tahun Jabatan AMAN (Komunitas/PD/PW/PB)
2015 – 2017 Ketua Pengurus Nasional Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN)
2018 – 2021 Dewan Barisan Pemuda Adat Nusantara Utusan Region Sumatera

RIWAYAT PEKERJAAN

Institusi Jabatan Tahun
Kelompok Studi Pengembangan Prakrsa Masyarakat (KSPPM) Relawan 2012 – 2013
Projo (Pro Jokowi) Relawan 2014

Rekam Jejak

Jhontoni Tarihoran lahir 04 April 1987 di Janji, Desa Lumban Rau Utara – Kecamatan Nassau. Sekolah Dasar dan Menengah Pertama di kampung. Melanjutkan Sekolah Menengah Atas dan Kuliah di Tarutung. Pada saat duduk di bangku kuliahpun sudah terlatih untuk peduli kampus dan hak-hak mahasiswa. Mendapat beasiswa berprestasi. Tidak hanya itu, Jhontoni juga berjalan ke kampung-kampung dan tinggal berhari-hari di desa melatihnya untuk peduli terhadap hak-hak petani dan masyarakat adat. Melakukan protes terhadap pemerintah atas berbagai situasi yang tidak berpihak terhadap masyarakat sering kali dilakukan, mulai dari kampung sampai pemerintah pusat di Jakarta. Bahkan aksi protes ditingkat internasional yang diikutinya di Paris, New York, Brasil, ataupun Filipina.
Menggeluti kerja-kerja relawan sejak mahasiswa terus dilakukan setelah menamatkan pendidikan sampai sekarang. Tidak jarang atas pilihan kerja tersebut membuatnya harus bertemu dengan pemerintah mulai tingkat desa sampai pusat; Bupati dan jajarannya, DPRD, DPR RI, Menteri dan Presiden. Untuk mendorong pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat banyak khususnya hak atas wilayah/tanah adat. Impiannya Masyarakat Berdaulat dan Mandiri.
Berangkat dari visi itulah pada tahun 2015, Jhontoni dipilih oleh pemuda adat (Naposo Bulung) dari berbagai daerah di Indonesia menjadi Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara Periode 2015-2018 yang berkedudukan di Jakarta. Memimpin gerakan pemuda adat se Indonesia. Mempertahankan warisan leluhur, mendorong pemuda/i untuk mengurus kampung. Generasi mendatang berhak mewarisi bumi ini dalam keadaan baik dengan terwujudnya kebaikan, kebenaran dan keadilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*